Tim Unbrah Raih Peringkat Sembilan dan Dua Belas Entrepreneurship Award LLDikti X 2019

Tim mahasiswa Universitas Baiturrahmah (Unbrah) meraih peringkat kesembilan dan dua belas dalam ajang Entrepreneurship Awards 2019 LLDikti wilayah X yang dihelat di Hotel Planet Holiday Batam 25 Oktober 2019.

Dua kelompok mahasiswa kategori Business Plan yakni Tim Bomerang dan Tim Bengkoang meraih peringkat harapan enam dan harapan sembilan dari 15 finalis kampus yang terpilih pada ajang tersebut.

Tim Bomerang yang dikomandoi Ulni Ulratmawati dan Tim Bengkoang yang dipimpin oleh Lisa Nila Sari harus mengakui keunggulan mahasiswa lainnya.  Fajri Muttaqien dari Politeknik Caltex Riau, Nika Saputra dari Universitas Ekasakti Padang, dan Rinda Dwi Utari dari Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang menjadi juara pertama, kedua dan ketiga dalam Business Plan.

Sementara untuk kategori usaha berjalan juara pertama, kedua dan ketiga diraih Ardiansyah dari STIE Indragiri Rengat , Samsu Rizal Putratama dari Universitas Islam Riau dan Malik Diar Alpho dari Universitas Ibnu Sina.

Rektor Unbrah sekaligus pengarah Entrepreneurship Awards LLDikti wilayah X Prof. Dr. Ir Musliar Kasim, M.S tetap mengapresiasi pencapaian dua kelompok mahasiswa yang mampu masuk final dan melaksanakan presentasi.

Terpenting kata rektor bukan juara dan peringkat melainkan keberlanjutan dari usaha tersebut. Di samping itu keberadaan mahasiswa Unbrah di EA III membuktikan bahwa jiwa kewirusahaan terus muncul di kalangan mahasiswa tinggal saja upaya pengembangannya.

Rektor Unbrah yang juga hadir pada malam penganugerahan EA tersebut juga mengatakan kalau mau maju, ayo kita perbanyak wirausaha Indonesia. Rektor mengajak lewat perguruan tinggi mari kita terus mendorong mahasiswa untuk mengembangkan jiwa entrepreneur, ide-ide kreatif, dan inovatif.

“Mudah-mudahan, Entrepreneurship Award ini bisa menjadi inspirasi kita semua dalam mengelola perguruan tinggi untuk melahirkan generasi muda yang berjiwa entrepreneur. Ini sudah menjadi ikon di LLDIKTI seluruh Indonesia. Satu-satunya diselenggarakan oleh LLDIKTI  Wilayah X,” kata Rektor.

Sedangkan Kepala LLDikti wilayah X Prof. Dr. Herri. MBA dalam pidato sambutannya mengapresiasi kerja yang luar biasa dari semua pihak, khususnya Universitas Ibnu Sina. Kita semua berharap, semoga Entrepreneurship Award ini menjadi motivasi bagi mahasiswa dan memperoleh pengalaman dalam berwirausaha.

Lebih lanjut, Prof. Herri mengatakan Entrepreneurship Award ini tentunya tidak sekadar agar mahasiswa menjadi pemenang. Akan tetapi, diharapkan mahasiswa memiliki jiwa wirausaha. Indonesia kaya akan SDA yang harus mampu dikelola dengan baik  oleh sumber daya Indonesia. Indonesia butuh SDM yang yang handal, kreatif, dan inovatif.

Sementara itu Ketua Pelaksana Entrepreneurship Award III LLDIKTI Wilayah X Ir. Larisang, MT, IPM apresiasi semangat mahasiswa untuk hadir pada acara puncak anugerah EA III 2019, Jumat (25/10).

“Sekitar 750 mahasiswa dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Batam hadir dalam gelaran pemberian award pada pemenang EA III tahun 2019,” kata Larisang.

Tidak hanya penyerahan hadiah kepada pemenang, dalam rangkaian acara puncak EA III kali ini, hadir sebagai pembicara Direktur Pembelajaran Ditjen Belmawa Kemenristekdikti Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP dan Reza Zamir, salah satu pendiri SyariHub.