Unbrah Challenge 2019 Resmi Dibuka

Sambutan Rektor Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS pada Jumat malam 1 Maret 2019 secara resmi membuka kegiatan outbond bersama civitas akademika Unbrah atau Unbrah Challenge 2019.

Sesuai rundown kegiatan yang disusun oleh Sumatera and Beyond selaku event organizer pelaksanaan pembukaan dilaksanakan tersebut setelah peserta sebanyak lebih kurang 150 orang ditempatkan di lima barak Secata B Padang Panjang. Lima barak yang terdiri atas tiga barak putri dan dua barak putra terletak lebih kurang 200 meter dari gerbang luar Secata.

Pada lima barak tersebut berkumpul seluruh civitas akademika Unbrah mulai dari Rektor hingga tenaga pendidikan tanpa ada batasan. Semuanya tidur di tempat tidur yang berbaris tersusun dan ada yang bertingkat. Biasanya tempat tersebut menjadi lokasi istirahat calon tantama TNI-AD yang digembleng sebelum menjadi prajurit.

Pada acara pembukaan tersebut selain pidato dan arahan singkat Rektor Unbrah diadakan game ringan. Game tersebut antara lain menghitung angka 1, 2, dan 3 dengan peragaan mulai dari berpindah hingga saling bersalaman dan mengucapkan “halo apa kabar”. Pada game ini peserta membuat lingkaran besar kemudian setiap peserta yang berpasangan memiliki nomor 1 dan 2. Kemudian saat instruktur menyebutkan nomor tersebut setiap orang berpindah ke kiri atau ke kanan.  Lalu saat disebutkan angka 3 peserta harus membuat pasangan dan bersalaman. Bagi peserta yang tidak berpasangan dihukum dengan dicontreng pipinya pakai tepung beras.

Game kedua yakni permainan mengangkat dan menangkap jari telunjuk. Permainan ini juga menggunakan aba-aba 1, 2, dan 3 namun dengan peragaan yang berbeda dari permainan sebelumnya.  Dalam pelaksanaannya saat disebutkan angka 1 masing-masing mengangkat telunjuk kiri,  kemudian saat disebut angka 2, peserta bersiap memegang telunjuk kiri teman dengan tangan kanan. Kemudian saat disebut angka 3 semua harus menangkap jari telunjuk tersebut,  bagi telunjuk yang tertangkap juga mendapat contreng di mukanya.

Bersamaan dengan game ini disebutkan juga yel yel Unbrah “Unbrah..Terkemuka,  Unbrah.. Taqwa,  Unbrah..Islami”. Di akhir acara pembukaan disebutkan delapan nama kelompok yang pesertanya diacak.  Beberapa nama kelompoknnya yang berdasarkan nama tokoh adat Minangkabau antara lain,  Puti Bungsu,  Anggun Nan Tongga,  Cati Bilang Pandai dan sebagainya.

Kegiatan pembukaan berakhir pada pukul 22.00 WIB dan kemudian semua peserta beristirahat.